Berita Puncak

UN SD Berjalan Dengan Lancar, SMA/SMK Lulus 100 Persen

Pelaksanaan Ujian SD di SD Ilaga, pekan kemarin, yang berjalan dengan lancar.

JAYAPURA- Meski berada di Wilayah Pegunungan Tengah, serta diselimuti oleh dinginnya cuaca dibawah kaki gunung salju abadi Puncak Cartenz, namun tak menyurutkan tekad dan semangat dari anak-anak murid Sekolah Dasar (SD) peserta ujian tahun ini, hal inilah yang terlihat saat suara negelar menyembangi SD Rumaga, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Selasa (16/5),pekan kemarin.
Kepala sekolah SD Rumaga, Lewi murib mengatakan pelaksnaan ujian selama tiga hari di sekolah yang dipimpinnya berjalan dengan baik, meski mereka berada di wilayah pegunungan, namun para guru sudah bekerja sama jauh-jauh hari sudah memberikan materi latihan kepada para murid, sehingga para murid tidak begitu merasa kesulitan dalam mengisi soal ujian.
“Ujian bisa berjalan berkat kerja sama dari semua pihak, Dinas pendidikan, para guru dan pengawas,serta orang tua,kita berharap peserta ujian semua bisa lulus,”harapnya.
Sementara itu Sekretaris Dinas pendidikan, pemuda dan Olahraga kabupaten Puncak Nurdin,S.Pd, menjelaskan peserta ujian tahun ini untuk tingkat SD juga meningkat, peserta ujian terbagi atas lima rayon, untuk rayon I di Ilaga berjumlah 85 orang, rayon II di Gome berjumlah 69 orang, rayon III di Sinak berjumlah177 orang, Rayon IV di Beoga 46 orang, rayon V Doufo berjumlah 33 orang, sehingga total peserta ujian SD tahun 2017 berjumlah 410 orang,berasal dari 32 SD yang tersebar di Kabupaten Puncak.
“Memang ada beberapa peserta yang tidak ujian, lebih karena sakit, mereka akan ikut ujian susulan,secara umum pelaksanaan ujian Nasional untuk SD,SMP, dan SMA/SMK,semua berjalan dengan aman,” tukasnya.
Sementara itu, untuk Pelaksanan ujian SMA sendiri, menurut Nurdin, sudah diumukan hasilnya sejak tanggal 2 Mei, SMAN 1 ilaga,sendiri peserta berjumlah 23 orang yang ikut 22 orang, hasilnya semua lulus, sementara untuk SMA YPPGI Sinak ada dua kelas jurusan IPA dan IPS totalnya 27 orang, hasilnya semua lulus, dan SMKN Pertanian Gome 20 orang, hasil ujian semua lulus.
“Dari pengumuman hasil ujian kemirin, kami bersyukur sebab semuanya lulus 100 persen,”ungkapnya.
“Dan hasilnya semua anak-anak kita yang berpotensi, kita sudah memberikan surat keterangan nilai dan mereka sudah keluar ke beberapa Perguruan tinggi baik di Papua seperti di Uncen dan di Universitas Papua dan ada juga ke wilayah jawa dan menado,”tambahnya.
Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda)Kabupaten Puncak Drs.Abraham Bisay atas nama Pemerintah daerah berharap agar para lulusan dari Kabupaten Punca, bisa menjaga nama baik Kabupaten Puncak, bisa lanjut kuliah ke jenjang yang lebih tinggi lagi.
“Harapan kami semua, insan pendidikan di Kabupaten Puncak,kami berpesan agar belajar lebih giat,gantunglah cita-cita setinggi langit, sebab masa depan mereka ada ditangan mereka sendiri,kita pemerintah hanya bisa mendukung dari sisi biaya, namun yang manentukan mereka sendiri dan ingat masa depan Kabupaten in ada di tangan adik-adik ini sendiri,”harapnya.(DISKOMINFO PUNCAK)

\