Berita Puncak

Bupati Tebarkan 1000 Bibit Ikan Mas Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Warga

Bupati Puncak Willem Wandik,SE,M,Si, saat menebarkan bibit ikan Mas di kolam merpati, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Selasa (16/5),pekan lalu.

ILAGA-Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Puncak, maka Dinas Pertanian Kabupaten Puncak, melalui bidang perikanan menggelar kegiatan penebaran bibit ikan Mas di kolam Merpati, salah satu kolam yang sudah ada di Distrik Ilaga, penebaran bibit ikan Mas tersebut dilakukan oleh Bupati Puncak Willem Wandik,SE,M,Si, serta ada juga perwakilan dari Komisi II DPR-RI Perwakilan Papua Komarudin Watubun,dan wakil Ketua DPRP Papua Edoadrdus Kaise, Selasa(16/5),pekan kemarin.

Bupati Puncak Willem Wandik kepada masyarakat agar mampu mengelola kolam Merpati tersebut, denan baik,termasuk dapat mengebangkan terus pemberian dari pemrintah ini, sehingga ke depan kolam Merpati, bisa menjadi salah satu solusi guna meningkatkan ekonomi bagi masyarakat yang hidup di sekitar kolam merpati.

“Kita harapkan masyarakat bisa mengelola kolam ini, setiap akhir pekan, pegawai atau masyarakat di Distrik Ilaga, bisa datang dan mamancing di kolam ini, sekalian bisa peknik,”ungkapnya.

Karena kondisi kolam yang masih dangkal, maka Bupati berharap agar ke depan Dinas Teknis bersama dengan masyarakat dapat mengelola secara baik kolam ini, baik dari sisi wisata misalnya membangun pondok-pondok kecil di pinggiran kolam, sehingga bisa menarik masyarakat untuk datang memancing di kolam tersebut.

“Masyarakat juga harus mampu untuk jaga keamanan, jangan orang datang baru palang, nanti orang malas datang pancing di sini, karena semakin banyak orang datang pancing, duduk di sini, maka semakin banyak pendapatan kalian,”tambahnya.

Sementara itu Kepala bidang Perikanan, Dinas Pertanian Kabupaten Puncak Maluk Tabuni menjelaskan penebaran ikan ini bagian dari program untuk meningkatkan ekonomi masyaakat, awalnya ditebarkan 1000 bibi ikan Mas, nantinya jika berhasil, maka ke depan akan dikembangkan lebih banyak lagi.

“Kita juga menyerahkan dana bantuan kepada kelompok usaha ini, nantinya dengan dana tersebut, mereka bisa membeli bibit ikan lagi ke kolam yang sudha maju atau mereka bisa memanfaatkan untuk mengelola kolam lebih baik lagi, misalnya membangun tempat duduk atau membuat kolam lebih baik lagi, sehingga ke depan kolam semakin berkembang, banyak orang datang memancing dna masyarakat bisa menerima manfaat dari kolam ini,”tambahnya.(DISKOMINFO KAB.PUNCAK)

\