Berita Puncak

Willem Wandik Dinobatkan Sebagai Tokoh Pembangunan Infratruktur Daerah Tersisolir (Dalam Ajang INews Maker Award 2017)

Bupati Puncak Willem Wandik,SE,M,Si, saat menerima penghargaan di Inews Maker Award 2017, Gedung MNC News Center, jalan Kebon Sirih,Jakarta Pusat, Senin (22/5/2017),kemarin malam

JAKARTA–Berkat kerja keras dalam membangun kabupaten Puncak, dengan ide-ide cemerlang yang terbilang gila, terutama dengan berbagai terobosan di bidang infratruktur untuk menekan harga barang yang tinggi di Kabupaten Puncak, dalam rangka mensejahterakan masyarakat di Kabupaten tertinggi di Indonesia tersebut, akhirnya membawa Bupati Puncak Willem Wandik,SE,M,Si, kembali lagi menerima penghargaan dalam ajang iNews Maker Award, sebagai “Tokoh pembangunan Infratruktur Daerah Tersisolir, yang diserahkan acara INews Maker Award di Gedung MNC News Center, jalan Kebon Sirih,Jakarta Pusat, Senin (22/5/2017),kemarin malam.

Dalam acara yang disiarkan secara langsung (live) di empat stasion TV swasta Nasional iNews TV, Global, RCTI,MNCTVI tersebut, selain Bupati Puncak, yang menerima penghargaan ada juga juga penghargaan untuk beberapa Menteri, dan Gubernur, termasuk Panglima dan sejumlah tokoh nasional lainnya, seperti Menteri Pariwisata Arif Yahya yang hadir sendiri menerima penghargaan,Tokoh Pelopor gerakan masyarakat Hidup sehat Menteri Kesehatan Dr.Nila F.Moeloek,Menteri Sosial Khofifah Indar Prawansa sebagai pelopor Program keluarga harapan, serta beberapa Bupati seperti Tokoh Pengembang pertanian Bupati Tambanan Bali Ni Putu Ekaa Wiyastuti, Pejabat Publik Jenderal TNI Gatot Nurmantyo serta  Beberapa Bupati lainnya, termasuk juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menerima penghargaan dengan kategori "Apresiasi Provinsi dengan Kinerja Terbaik,  Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai Tokoh Pembangunan daerah Indonesia Timur, juga hadir Gubernur Terpilih DKI Jakarta Enes Baswedan, dan beberapa tokoh lainnya.

Bersama dengan Ketua tim percepatan pembangunan Puncak Pak Bambang Purwoko di Gedung MNC Center

Menurut Chairman & CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyatakan acara iNews Maker Award bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para tokoh publik termasuk masyarakat supaya bisa berprestasi lebih lagi. Hary menuturkan, para tokoh yang berprestasi diberikan penghargaan dalam acara ini.
"Tentunya ini juga dapat memberikan motivasi kepada masyarakat lain supaya bisa berprestasi lebih lagi," kata Hary dalam sambutannya di acara iNews Maker Award. 2017 ini Sehingga, lanjut dia, pada akhirnya bisa membuat bangsa dan negara yang dicintai ini lebih baik lagi.
"Harapannya ke depan iNews Maker Award bisa diselenggarakan lebih baik oleh rekan-rekan di iNews TV," paparnya.

Adapun enam kategori penghargaan yang dipersembahkan adalah kategori pejabat publik, sosial kemasyarakatan, profesional, fenomenal, olahraga dan lifetime achievement.
Apresiasi khusus pun dipersembahkan, yakni apresiasi tokoh pembangunan infrastruktur daerah terisolir, tokoh pelopor gerakan masyarakat hidup sehat, tokoh pembangun daerah Indonesia timur.
Kemudian, apresiasi pelopor program keluarga harapan, lembaga kemanusiaan terpopuler, tokoh yang menduniakan Indonesia, pelopor tabungan emas, kepala daerah yang menerapkan smart city. 
Lalu, apresiasi lembaga pelopor pembiayaan suku bunga rendah untuk koperasi dan UKM, provinsi dengan sistem administrasi, inovasi dalam percepatan pelayanan publik, perusahaan program kepemudaan dan tokoh pengembang program pertanian., dengan dewan juri Dr. Surono, Arya Sinulingga, dan Rizal Yusacc.

“Artinya segala program yang selama ini dilaksanakan oleh tokoh tersebut, kita lihat sepak terjamnya dalam menjalangkan programnya, bagaimana dampak kepada masyarakat, dari hal-hal tersebut, kemudian kita simpulkan dalam memberikan penghargaan, agar para tokoh ini bisa lebih berkarya untuk memajukan rakyat, bangsa dan negara,”Kata Ketua Dewan Juri Dr.Surono.

Lanjutnya, ajang awarding kali ini, akan dipersembahkan PENGHARGAAN dalam 6 kategori, yaitu, diantaranya  Kategori Pejabat Publik,Kategori Sosial Kemasyarakatan, Kategori Profesional,Kategori Fenomenal,Kategori Olahraga, Kategori Lifetime Achievement,Sementara konsep penilaiannya, mengacu setidaknya pada 1P+3K yaitu, Popularitas, dikenal luas dan terbuka, tidak pernah memiliki masalah dalam kegiatan profesi,Kepeloporan, memiliki pemikiran yang konstruktif dan positif dalam membangun persatuan bangsa,Konsistensi, konsisten melaksanakan etika profesi dalam kehidupan keseharian serta berdampak luas bagi masyarakat dan mendorong atau mengembangkan serta menerapkan idealismenya dengan menumbuhkan budaya cinta & bangga menggunakan produk dalam negeri, termasuk Kepakaran, prestasi melalui serangkaian karya, gagasan, ide, kegiatan serta jasa, yang telah terbukti kebenarannya bermanfaat luas bagi masyarakat secara nasional.

“Sedangkan untuk metode penjaringan, maka pemilihan nominator melalui metode kualitatif dengan mempertimbangkan, sebagai berikut      Analisa konten berita berdasarkan peristiwa, Otentisitas peristiwa,   Berdasarkan fakta empiris lapangan,  Tone pemberitaan yang positif,”jelasnya.

Sementara itu Bupati Puncak Willem Wandik,SE,M,Si, sendiri mengaku bangga dengan penghargaan ini, dirinya mengatakan bahwa selama bekerja menjalangkan tugas dan amanat rakyat, diirnya tidak pernah berpikir untuk mendapatkan penghargaan, ternyata hasil kerjanya selama ini dipantau oleh stasion TV swasta Nasional, dan akhirnya memberikan  penghargaan buatnya.

“Kita selama ini membangun daerah bukan untuk mencari penghargaan ini, ternyata apa yang kita lakukan dipantau oleh teman-teman dari media MNC, ternyata kami bisa diberikan kesempatan hadir di sini, semua ini karena Tuhan dan juga oleh kalian masyarakat di Kabupaten Puncak,”tambahnya.

Ia menambahkan penghargaan ini akan memotivasi dirinya untuk bekerja lebih baik lagi dalam rangka mensejahterakan dan memajukan rakyat di Kabupaten Puncak, karena baginya membangun Indonesia Timur seperti di Papua, terutama di wilayah yang terisolir seperti di wilayah Kabupaten Puncak, tidak semudah membangun di daerah lain, karena membutuhkan langkah-langkah terobosan yang boleh dibilang ide gila, kerena dengan cara tersebutlah bisa ada perubahan di Kabupaten Puncak, termasuk Provinsi Papua.

“Penghargaan ini merupakan kerja keras semua pihak, saya persembahkan untuk masyarakat Puncak, semua ini karena peran pimpinan SKPD, pegawai, TNI/Polri, dan masyarakat, penghargaan ini akan memacu saya untuk berbuat lebih baik lagi bagi rakyat Puncak, agar ke depan mereka bisa merasakan pembangunan sama seperti saudara-saudaranya yang lain di daerah yang sudah lebih maju,”jelasnya.

Dalam sambutan singkatnya juga, Bupati mengatakan Kabupaten Puncak, merupakan Kabupaten tertinggi di Indonesia, tingkat keterosilasian cukup tinggi, meski begitu kita terus bersama dengan Pemerintah pusat, berusaha membangun daerah tersebut, meski harga barang begitu tinggi, karena satu-satunya transportasi hanya mellaui udara, namun tidak menyurutkan semangatnya untuk membangun daerah. (Diskominfo Puncak)  

 

Daftar karya yang sudah berhasil dilaksanakan oleh Bupati Puncak untuk membangun kabupaten Puncak.

1.Berhasil membangun proses rekonsuliasi perdamaian perang suku di Kabupaten Puncak.

2.Melobi ke pemerintah pusat dan berhasil membuka akses jalan di sejumlah Distrik, Ilaga Ke beoga, Ilaga Ke Sinak, Sinak ke Mulia.

3.Membangun Bandara di Ilaga, Sinak, Beoga,direncanakan tahun ini akan ada penambahan Perpanjangan Bandara.

4.Membangun rumah sakit di Ilaga dan beberapa Distrik dan kampung.

5.Membangun Pendidikan di Kabupaten Puncak.

6.Membangun Gorisr Ilaga.

8.membangun tenaga listrik Mini Hidro di Ilaga.

 

\