Berita Puncak

Bupati Puncak Gelar Pertemuan Dengan Menhub Soal Pesawat dan Pembangunan Lapter

JAKARTA-Bupati Puncak Willem Wandik, nampaknya tidak patah semangat dalam perjuangannya untuk membangun sarana transportasi udara seperti perpanjangan lapangan terbang, termasuk mendapatkan subsidi penerbangan, serta pesawat berbadan lebar, ini terbukti dengan pihaknya kembali lagi menggelar pertemuan dengan Menteri Perhubungan Ir.Budi Karya sumadi, yang berlangsung di Hotel Century Park Jakarta, Senin (22/5),kemarin.

Pertemuan antara Menteri Perhubungan Ir.Budi Karya sumadi, dan Pemkab Puncak dipimpin oleh Bupati Puncak Willem Wandik, di Hotel Century Park Jakarta, Senin (22/5),kemarin.

Dalam pertemuan yang sangat singkat tersebut, Bupati Puncak Willem Wandik,kembali lagi menyampaikan keinginan dari Pemkab Puncak untuk mendapatkan pesawat berbadan besar, yang memiliki daya angkot lebih besar, dalam rangka mempercepat pembangunan di Kabupaten Puncak, termasuk juga menekan harga barang yang begitu tinggi di Kabupaten Puncak, selain rencana pembelian pesawat, Bupati juga mempertanyakan terkait dengan pembangunan perpanjangan lapangan terbang Ilaga dan juga lapangan terbang Sinak.

“Kami ingin mendapatkan pesawat, karena pesawat berbadan besar, sudah terbukti mampu menekan harga barang di Kabupaten Puncak,selain itu kami juga ingin agar Pak Menteri sendiri datang ke Puncak, untuk meletakan batu pertama pembangunan lapter ilaga dan juga rencana subsidi penerbangan,”ungkap Bupati dalam pertemuan tersebut.

Satu hal yang menurut Bupati, terkait soal subsidi penerbangan, Bupati menjelaskan jika selama ini, terjadi permainan antara perusahan penerbangan yang beroperasi di Ilaga, membuat sampai masyarakat dan pemerintah yang rugi, karena permainan dari oknum-oknum di bandara, membuat hingga masyarakat yang rugi, karena harga tiket cukup tinggi.

“oleh karena hal-hal seperti ini, membuat hingga masyarakat yang rugi, harga barang begitu tinggi, harga angkotan logistik pembangunan di Puncak begitu tinggi, sehingga mau tidak mau kami perlu pesawat berbadan besar, apakah kita perlu membeli, itu yang kita datang minta saran dari pak Mentri,”jelas Bupati.

Terkait dengan curhat dari pak Bupati,Menteri Perhubungan Menteri Perhubungan Ir.Budi Karya sumadi,menyambut baik rencana dari pemkab Puncak, hanya saja menurut Menhub,untuk sebuah perusahan daerah untuk bidang dirgantara, perlu kesiapan yang komplit, sehingga dirinya menyarankan untuk sementara menggunakan sistem sewa flaig, dengan perusahan penerbangan pesawat yang udah beroperasi selama ini di wilayah Puncak.

“nantinya soal izin dan urusan lainnya, kemenhub siap membantu,”tukasnya.

Sementara itu, untuk pembangunan perpanjangan lapangan terbang, ternyata disepakati perpanjangan lapangan terbang ilaga yang lama, nantinya akan ditimbun selanjutnya dilakukan pemanjangan lapangan terbang,yang direncanakan akan berlangsung tahun ini.

Hadir dalam pertemuan tersebut, asisten II setda Kabupaten Puncak Darwin Tobing, Kepala Bappeda Puncak Melianus Hagabal, Kepala Diskominfo Puncak Ricky Siwi,dan Kepala Dinas Perhubungan dan juga Kepala Badan pendapatan daerah Puncak.(DISKOMINFO)

\