Berita Puncak

129 Pelajar Ramaikan Kejuaraan Atletik Kota Jayapura

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jayapura bekerja sama dengan PASI Kota menggelar kejuaraan atletik untuk pelajar SMA/SMK se-Kota Jayapura di Stadion Mandala, Sabtu (5/9/2014).

Kejuaraan atletik putra dan putri yang digelar selama sehari itu diikuti 129 pelajar yang berasal dari berbagai dari sekolah SMA/SMK. Dalam kejuaran itu sebanyak empat nomor dipertandingkan masing-masing 100 meter putra dan putri, 200 meter putra dan putri, 400 meter putra dan putri, 800 meter putra dan putri.

Sektretaris Pemkab PASI Kota Jayapura, Jack Anggai mengaku jumlah peserta yang mencapai 128 ini menujukan bahwa minat pelajar untuk cabang olahraga atletik sangat tinggi. “Kami beri apresiasi untuk itu,” ucapnya.

Jack mengatakan kejuaraan atletik pelajar ini untuk memperigati Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada tanggal 9 September mendatang. Namun yang terpenting adalah ajang ini untuk mendapatkan atlet-atlet handal yang akan dibina PASI Kota bekerja sama dengan Dispora Kota Jayapura.

Menurut Jack, mereka yang terjaring nantinya akan dikumpulkan dan dibina untuk mengikuti berbagai kejuaraan daerah maupun nasional mewakili Kota Jayapura maupun Provinsi Papua. “Dari sini juga mereka akan disiapkan menuju PON 2020 saat Provinsi Papua menjadi tuan rumah,” katanya.

Untuk mencetak atlet-atlet beprestasi kedepannya, Dispora Kota Jayapura bakal membangun Pusat Pelatihan Pelajar Daerah (PPLD) untuk membina dan melatih atlet.”Modelnya sama dengan milik provinsi yakni PPLP,” katanya.

PASI Kota Jayapura bekerja dengan Dispora Kota sudah menyiapkan tim pemandu bakat untuk menjaring atlet-atlet yang berprestasi dan berpotensi pada kejuaraan ini kali ini.

Jack menuturkan, kedepannya kejuaraan atletik untuk pelajar SMA/SMK ini bakal akan dilaksanakan setiap tahun.Baginya, dengan memutar kejuaraan secara rutin selain bisa mendapatkan atlet berbakat, juga bisa mengukur prestasi atlet itu sendiri.[mar]

\