Berita Puncak

Gubernur Resmikan Kantor Regional Telkomsel Papua Maluku

Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP.MH meresmikan pembentukan Regional baru Papua-Maluku (PUMA) yang merupakan wilayah operasi telkomsel yang ke-11 di Indonesia, dalam kesempatan ini Telkomsel sekaligus meresmikan kantor Regional baru yang terletak di wilayah Telkom Papua jalan Kayu Batu Papua, Kamis (4/9/2014) kemarin.

Peresmian kantor Regional ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pemukulan Tifa oleh Gubernur Papua Lukas Enembe,SIP.MH didampingi Direktur Telkomsel Alex J.Sinaga, Direktur Sales Telkomsel Masud Khamid, Direktur Human Capital Management Telkomsel Herdy Harman dan executive vice president Telkomsel Area Pamasuka Bona LP.Parapat. Pada kesempatan tersebut, Telkomsel memberikan bantuan 40 komputer untuk empat sekolah yang di Papua serta penandatangan MoU dengan Bank Indonesia, Bank Papua, Garuda dan satu media massa lokal di  Papua. Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga mengatakan area Papua dan Maluku mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam pembangunan layanan telekomunikasi terutama layanan data. Untuk itu, hadirnya kantor Regional di wilayah ini akan meningkatkan efektifitas operasional kamisehingga dapat memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan setia kami yang berada di Wilayah Timur Indonesia. Kantor Regional Papua-Maluku merupakan bentuk Telkom Group yaitu Telkom, Telkomsel dan PT.Graha Saransa Duta. Kantor regional yang terletak di Jayapuyra ini akan difungsikan untuk menunjang aktivitas operasional sales dan cumstomer service serta network operasional Telkomsel di wilayah Papua-Maluku sehingga dapat melayani kebutuhan telekomunikasi para pelanggan di lokasi tersebut.

Selain itu, kantor regional ini juga akan membawahi pusat pelayanan Telkomsel (GraPARI) yang ada di Wialayah Jayapura, Ambon, Sorong dan Timika. Perkembangan Telkomsel di kawasan Papua-Maluku dimulai pada Desember 1996, dengan membuka kantor layanan (Grapari Telkomsel) yang berlokasi di Ruko Pasifik Permai dimana selanjutnya berpindah ke kantor BPD Papua dan sekarang berada di Gedung Telkom Koti Jayapura. Di Papua-Maluku Telkomsel telah memiliki lebih dari 1.800 BTS yang teridir dari 62 persen BTS 2G dan 38 persen BTS 3G dari total lebih 18 ribu BTS yang tersebar di seluruh PAMASUKA (Papua, Maluku Sulawesi dan Kalimantan).Saat ini Telkomsel telah melayani lebih dari 31 juta pelanggan PAMASUKA dan Regional Papua Maluku sendiri terdapat lebih dari 3.8 juta pelanggan kartuhalo, Simpati dan Kartu AS. “Sebagai operator yang paling Indonesia, adalah komitmen kami untuk membangun Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Telkomsel pun merupakan satu-satunya operator yang berkomitmen menghadirkan layanan telekomunikasi kelas dunia di Indonesia Timur, agar sejajar dengan negara-negara maju di berbagai belahan dunia, sekalipun secara geografis terdapat tantangan yang luar biasa dalam pennggelaraan jaringan di wilayah ini,” kata Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga. Hingga sekarang iniTelkomsel merupakan operator yang menguasai 97 persen market share di Papua Maluku, dimana pencapaian angka tersebut tidak lepas dukungan17 ribu outlet yang tersebar sehingga kenyamanan pelanggan di Regional PUMA, Telkomsel telah memiliki dua gedung TTC (Telkomsel Telecomunication Center) yang terletak di Abepura dan Timika, lima kantor layanan Grapari yang tersebesar di Jayapura Ambon, Sorong, Manokwari dan timika dan sembilan Grapari kios yang tersebar di Sentani, Abepura, Biak, tembaga Pura, Nabire, Waena, Merauke, Tual dan Fak fak.[tho]

\