Berita Puncak

Bank Papua Gelar Edukasi Literasi Keuangan

JAYAPURA [PAPOS]-Pada dasarnya masyarakat Indonesia sudah mengetahui bagaimana menggunakan uang, namun belum bijak dalam penggunaannya, oleh karena itu perlu dilakukan edukasi literasi keuangan, hal tersebut disampaikan Direktur Kepatuhan Bank Papua Frens Mambrisau, mewakili Direktur Utama Bank Papua Johan Kafiar saat pembukaan Gerakan Nasional Edukasi Literasi Keuangan, Kamis (5/9) di Saga Mall Abepura.

Dikatakannya, pentingnya edukasi yaitu untuk mengetahui bagaimana melihat uang dengan bijak, bagaimana menyikapi kebutuhan hidup untuk menjadi lebih baik, menyikapi uang untuk menjadi berguna dimasa depan dan hari tua. “Pertanyaannya apakah kita semua tahu bagaimana menggunakan uang ? bagaimana menyikapi uang dengan bijak ? untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka masyarakat perlu mengenal lebih dalam tentang fungsi  lembaga keuangan seperti bank, dana reksa, lembaga pembiayaan dan dana pension,”katanya.

Tujuan dari edukasi ini, lanjutnya, memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mengerti, dan menggunakan lembaga keuangan sebagai  mitra dalam menyikapi uang dengan baik. “Gerakan edikasi literasi keuangan 2014, merupakan program dari Otoritas Jasa Keuangan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia, mengenal lembaga keuangan, dan menggunakan lembaga keuangan,” ungkapnya. Kegiatan ini berlangsung di 14 kota di Indonesia, dan merupakan suatu kebanggan bagi Bank Papua memberikan edukasi kepada masyarakat Papua, tentang literasi keuangan khususnya bagi mahasiswa di kota Jayapura. “Kegiatan edukasi literasi keuangan, dilakukan dalam bentuk talkshow dengan pemateri Benny Santoso konsultan keuangan independen, beliau akan memberikan pemahaman bagaimana mengecek keuangan  kita pribadi, bagaimana sebagai mahasiswa/pelajar dapat , menggunakan uang dengan bijak dan ketika ingin berwirausaha kita dapat berinvestasi yang tepat sehingga dapat berguna untuk masa depan,” jelasnya. Selain talkshow,  ada 9 stand pameran dari lembaga keuangan yang akan dikunjungi  oleh semua peserta. Peserta bisa bertanya tentang lembaga keuangan. [nk]      

\